Khasiat dan Kegunaan Buah Leunca

Saturday, May 14, 20110 komentar


Leunca adalah suatu jenis tanaman yang ada diindonesia yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Umumnya leunca dipakai untuk masakan-masakan khususnya masakan sunda atau Jawa Barat.

Khasiat atau manfaat dari buah yang mungil dan berwarna hijau tersebut diantaranya bisa mngobati berbagai macam pnyakit kulit seperti herves, borok dsb. Selain itu buah leunca juga bisa menjadi obat kanker yang alami dan mujarab karena buah tersebut mengandung senyawa solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine. Senyawa itu bisa menghambat pertumbuhan sel kanker yang tak terkendali.

Solasodine mempunyai efek menghilangkan sakit (analgetik), penurunan panas, antiradang, dan antishok. Solamargine dan solasonine mempunyai efekk antibakteri, sedangkan solanine sebagai antimitosis. Senyawa-senyawa itu bisa mengatasi gangguan kanker, yakni kanker payudara, leher rahim, lambung dan saluran pernapasan.

Nulai gizi yang terkandung pada daun muda leunca diantaranya adalah alori (45 kal), protein (4,7 gr), lemak (0,5 gr), karbohidrat (8,1), kalsium (210 mg), fosfor (80 mg), besi (6,1 mg), vitamin A (1.900 SI), vitamin B1 (0,14 mg), vitamin C (40 mg).

Dan berikut adalah pernyataan-pernyataan dari para dokter dan para ahli kesehatan mengenai buah leunca* :
  1. Dr. Budi Sugiarto, dari Rumah Sakit Omni medika Center, Jakarta, menyatakan bahwa tanaman yang buahnya renyah, sedikit pahit, dan agak langu ini sudah lama dimanfaatkan masyarakat Cina sebagai antibiotik, antiradang, diuretik (peluruh air kemih), menghilangkan bengkak, melancarkan darah, peluruh dahak, antipruritus (menghilangkan gatal), pereda batuk, dan penurun demam. 
  2. Penelitian yang dilakukan di RS Guangdong Yizhou, Cina, leunca via infus diujikan terhadap 10 penderita kanker leher rahim melalui injeksi 3 ampul masing-masing 10 ml, 2 kali sehari. Hasilnya, 70 persen pasien sembuh dengan bukti pemeriksaan ulang melalui foto scanning. Sisanya membutuhkan obat-obatan lain.
  3. Menurut H.M Yusuf, dari Klinik Citra Insani, Sukabumi, Jawa Barat, infus leunca bisa dikombinasikan dengan tanaman buah makasar. Efek samoing yang ditimbulkan dari pemberian inufs ini adadlah mual, muntah, nafsu makan berkurang, banyak buang air kecil, dan badan terasa lemas. Namun, hal ini akan segera hilang setelah 3 hari atau dengan pemberian obat penetralisir seperti ginseng.
  4. Dan masih banyak lagi pernyataan-pernyataan orang tentang Khasiat buah yang bernama latin Solanum Nigrum L ini
Jadi kesimpulannya buah leunca bisa mengobat berbagai penyakit kulit, mencegah kanker, anti radang, Infeksi saluran kencing, radang kulit, disentri, keputihan, biduran, mata kering, dan masih banyak lagi.

Untuk cara pemakaiannya, untuk kulit bisa hanya dengan mengoleskannya sedangkan untuk penyakit bagian dalam bisa dengan cara memakannya.

*sumber : http://cariobat.blogspot.com/2008/08/leunca-bisa-jinakkan-kanker.html
Share this article :

Post a Comment

Cara berkomentar:

Pada kotak Comment as pilih Name/URL

Name: Isi dengan nama kamu
URL: Jika kamu punya blog atau website, tuliskan alamatnya disini. kalau tidak punya maka kosongkan saja.

Klik Lanjutkan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RITJ'S BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger