RITJ'S BLOG

ID GameMagz - Daily Game News

Tuesday, December 13, 2011

Apakah Lari Marathon Bisa Merusak Jantung?

maraton


Sebuah riset terbaru mengklaim, orang yang secara teratur mengambil bagian dalam program latihan ketahanan ekstrem seperti maraton, triathlon dan sepeda gunung berisiko mengalami kerusakan jantung.

Para peneliti dari University of Melbourne di Australia telah mengamati 40 atlet yang semuanya mengambil bagian dalam kegiatan kompetitif (latihan ketahanan). Peneliti menemukan bahwa para atlet yang sering melakukan latihan ketahanan cenderung menunjukkan tanda-tanda kerusakan di ventrikel kanan jantung.

Mereka juga menemukan kerusakan pada jantung akan terjadi setelah para atlet melakukan perlombaan marathon seminggu penuh. Bahkan, lima dari 40 atlet tersebut (13 persen) menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang lebih permanen, seperti jaringan parut atau 'fibrosis' pada otot jantung.

Temuan, ini diterbitkan dalam European Heart Journal. Peneliti berkesimpulan bahwa beberapa atlet mungkin akan mengalami risiko kerusakan pada jantung jika mereka melakukan latihan ketahanan tersebut dalam jangka panjang waktu yang panjang, menurut Dr Andre La Gerche.

Referensi: kompas.com

2 comments:

  1. artikelnya menarik,,terimakasih telah berbagi informasi,saya tunggu informasi selanjutnya

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya
    menambah wawasan dan bermanfaat buat yang baca

    ReplyDelete

Cara berkomentar:

Pada kotak Comment as pilih Name/URL

Name: Isi dengan nama kamu
URL: Jika kamu punya blog atau website, tuliskan alamatnya disini. kalau tidak punya maka kosongkan saja.

Klik Lanjutkan