RITJ'S BLOG

ID GameMagz - Daily Game News

Friday, December 23, 2011

6 Makanan yang Buruk Bagi Pencernaan



Makanan ada yang baik dan buruk untuk pencernaan kita. Untuk itu kita harus bisa membedakan kedua jenis makanan itu. 

Sekarang RITJ'S BLOG akan menshare 6 makanan yang buruk untuk pencernaan.

1. Makanan tinggi lemak dan digoreng

Kedua makanan ini bisa mengakibatkan refluks asam dan heartburn (lambung panas), serta memicu terjadinya warna feses yang pucat atau disebut dengan steatorrhea yang diakibatkan lemak berlebih dalam feses.

2. Makanan pedas

Makanan yang pedas bisa menurunkan tekanan otot di bagian bawah kerongkongan sehingga membuat asam lambung naik lagi, memicu refluks asam yang menyakitkan. Kondisi ini bisa sangat bermasalah pada orang dengan sindrom iritasi usus besar dan maag kronis.

3. Susu

Bagi orang yang memiliki intoleransi lakosa (kekurangan enzim laktase), maka konsumsi susu atau produk susu bisa menyebabkan diare, gas, perut kembung dan kram. Beberapa penyakit seperti Celiac dan Crohn bisa menyebabkan intoleransi laktosa.

4. Alkohol

Alkohol bisa melemaskan esophageal sphincter yang menyebabkan refluks asam, rasa tak nyaman di perut, mengikis lapisan lambung, mengganggu enzim tertentu dan mencegah nutrisi terserap.

5. Buah berries

Buah ini memang baik untuk kesehatan, tapi biji kecilnya bisa menjadi masalah bagi orang yang memiliki diverculitis (kantung yang berkembang di usus biasanya pada usus besar) sehingga bisa meradang atau terinfeksi.

6. Kopi, teh dan minuman soda

Minuman ini tidak hanya mengendurkan esophageal sphincter, tapi menyebabkan penumpukan asam lambung dan bersifat diuretik yang memicu diare serta kram. Selain itu minuman berkafein bisa memperburuk penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Bagi yang sensitif sebaiknya minum dalam kadar yang sedikit saja.

Referensi: detikhealth.com

No comments:

Post a Comment

Cara berkomentar:

Pada kotak Comment as pilih Name/URL

Name: Isi dengan nama kamu
URL: Jika kamu punya blog atau website, tuliskan alamatnya disini. kalau tidak punya maka kosongkan saja.

Klik Lanjutkan