Sahabat, Bisa membuat Umur Kita Lebih Panjang dan Lebih Sehat

Sunday, December 18, 20111komentar


Ternyata memiliki sahabat, banyak sekali manfaatnya. Salah satunya adalah bisa memanjangkan umur kita, dan membuat hidup kita lebih sehat.

Membuat Anda lebih berani

Penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Experimental Social Psychology, mengungkap seseorang akan lebih berani menghadapi masalah saat bersama dengan sahabatnya. Percobaan dilakukan dengan meminta responden untuk berdiri di dasar bukit yang curam.


Mereka lalu diminta memperkirakan betapa sulitnya untuk mendaki. Diketahui, responden yang bersama dengan teman, cenderung lebih berani dan optimis untuk mendaki.

Penyakit jadi kurang mematikan

Dukungan sahabat juga bisa membuat risiko kematian seseorang akibat penyakit bisa berkurang, umur pun jadi lebih panjang. Ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Harvard, Amerika Serikat. Diketahui bahwa pasien kanker payudara yang tak memiliki sahabat empat kali lebih mungkin meninggal.

Hal tersebut jika dibandingkan pasien yang memiliki banyak sahabat. Penelitian juga menunjukkan kalau dukungan sosial dari teman dan sahabat dapat menurunkan risiko darah tinggi, pikun dan mengurangi risiko depresi.

Pengaturan stres jadi lebih baik

Ketika wanita mengalami stres, otak akan melepaskan oksitosin, yang membuat perasaan lebih baik. Hal ini memicu wanita mencari dukungan dari teman, hubungan jadi lebih dekat, stres pun bisa diatasi dengan baik.

Referensi: vivanews.com





Share this article :

+ komentar + 1 komentar

December 18, 2011 at 12:00 PM

setuju gan.. ;)

tapi kadang menusuk dari belakang. :'(

Post a Comment

Cara berkomentar:

Pada kotak Comment as pilih Name/URL

Name: Isi dengan nama kamu
URL: Jika kamu punya blog atau website, tuliskan alamatnya disini. kalau tidak punya maka kosongkan saja.

Klik Lanjutkan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RITJ'S BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger