Tips Usir Tikus Di Rumah

Thursday, September 29, 20112komentar


Hama tikus merupakan salah satu hama yang berkembang dengan cepat. Membasminya seringkali harus menggunakan cara yang tidak manusiawi seperti diracun, dijebak dengan lem, atau dibunuh langsung.

Anda memiliki kucing namun tampaknya ia tidak suka mengejar tikus? Mungkin jenis kelaminnya jantan karena hanya betina yang aktif mengejar mangsa tikus di rumah, sedangkan yang jantan lebih senang mencari mangsa di luar rumah, seperti dikutip dari buku Barbara Pleasant, Rodent-Proof Your House.

Beberapa orang tidak tega membunuh hewan kecil itu, sehingga banyak orang yang mulai mengumpulkan data tentang hal ini. Dirangkum dari Mother Earth News, mungkin tips-tips mengusir tikus ini bisa menjadi pilihan yang Anda inginkan:

1. Letakkan boks kosong bekas teh peppermint beserta kantong teh kering yang tak terpakai di area-area yang sering dilalui tikus. Anda bisa melihat tikus mulai berkurang. Tambahkan beberapa gumpalan kapas yang disemprotkan dengan minyak beraroma peppermint di dapur dan tempat lainnya. Tikus pun kabur dari rumah. -Susan Womersley dari Topeka, Kansas-

2. Rendamlah bola kapas ke dalam air yang diteteskan minyak peppermint. Lalu letakkan bola-bola yang sudah kering di tempat rawan tikus seperti dapur hingga ujung-ujung ruangan dan celah-celah. "24 jam kemudian, tidak ada lagi ada tanda-tanda tikus," ujar Norma Noe dari Vancouver, Washington.

3. Sebulan sekali, Milton Ammel dari Parker, Kansas menyampurkan setengah galon cuka apel/vinegar dengan 2 galon air dan menyemprotkannya di luar rumah. Ia pun tak pernah melihat tikus dalam waktu yang lama.

4. Aroma pewangi pakaian yang berbau herbal kuat juga membantu mengusir tikus. Randy Orcutt dari Hillsboro, Ohio menyemprotkan pewangi di sekitar lemari dan laci-laci di rumah. Namun perlu diingat tidak semua pewangi bisa berhasil mengusir tikus.

5. Cara terakhir membutuhkan usaha lebih untuk memperbaiki struktur di sekitar rumah, seperti dilansir oleh Barbara Pleasant dalam bukunya Rodent-Proof Your House.

Referensi: http://kask.us/10730716
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

November 20, 2011 at 10:03 AM

ada tip yang lain g gan ...

November 21, 2011 at 2:11 PM

@teguh: mungkin masih banyak lagi... tp saya gak tahu apa-apanya ..

he..he.he

Post a Comment

Cara berkomentar:

Pada kotak Comment as pilih Name/URL

Name: Isi dengan nama kamu
URL: Jika kamu punya blog atau website, tuliskan alamatnya disini. kalau tidak punya maka kosongkan saja.

Klik Lanjutkan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RITJ'S BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger