Temuan Fosil Ungkap Warna Pada Ngengat Purba

Thursday, November 17, 20110 komentar



Temuan fosil terbaru berhasil mengungkap warna ngengat di zaman purba atau sekitar 47 juta tahun lalu. Temuan ini penting sebab sampai sejauh ini ilmuwan belum mampu mendeskripsikan warna ngengat dan kupu-kupu di masa tersebut.

Analisis warna itu bisa dilakukan sebab warna ngengat tidak disebabkan oleh pigmen, tetapi oleh warna struktural. Warna terbentuk akibat interaksi cahaya dan struktur tersebut. Jika fosilisasi berlangsung dengan baik atau tanpa mengubah struktur, maka kelir ngengat pun bisa diidentifikasi.

Maria McNamara, palaentolog dari Yale University yang melakukan riset itu, mengatakan bahwa  warna ngengat ini unik dibandingkan dengan warna kumbang yang juga ia teliti.

Berdasarkan penelitian menggunakan fotografi mikroskop elektron, warna ngengat itu adalah kuning kebiruan. Namun, ilmuwan menduga bahwa kelir itu sebenarnya kuning kehijauan. Perubahan disebabkan oleh struktur ngengat yang juga mengalami perubahan karena fosilisasi.

Fosil ngengat yang ditemukan diduga merupakan fosil ngengat hutan yang memiliki warna terang untuk menakuti predator. Peneliti mengatakan bahwa ngengat ini kemungkinan juga beracun.

Referensi: kompas.com
Share this article :

Post a Comment

Cara berkomentar:

Pada kotak Comment as pilih Name/URL

Name: Isi dengan nama kamu
URL: Jika kamu punya blog atau website, tuliskan alamatnya disini. kalau tidak punya maka kosongkan saja.

Klik Lanjutkan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RITJ'S BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger