Suatu Ancaman dari Sebuah Telur

Saturday, February 5, 20110 komentar

Telur adalah bahan pangan yang memiliki nulai gizi yang sangat tinggi sekali dan juga relatif murah dibandingkan makanan-makan lainnya sehingga telur termasuk makanan yang digemari oleh banyak orang.

Namun ternyata dibalik tingginya kandungan gizi yang terdapat didalam telur tidak hanya bermanfaat bagi manusia, tetapi juga menjadi media yang baik bagi pertumbuhan bakteri khususnya bakteri Salmonella Enteriditis. Bakteri tersebut sangat mudah sekali menyebar kemana-mana bahkan bisa ditemukan disaluran pencernaan manusia dan binatang. Bakteri Salmonella dapat berkembang biak pada suhu 5-60(drajat) C dan dalam waktu 6 jam salmonella tunggal dapat berkembangbiak dari satu menjadi 1 juta sampai 6 juta.

Bakteri Salmonella menyebabkan penyakit yang bernama Salmonelles dengan gejala-gejala seperti demam, sakit kepala, diare, kram perut, mual-mual dan muntah. yang bisa muncul dalam 6-72 jam setelah memakan makanan yang terkontaminasi Salmonella. Salmonellosis jarang bersifat fatal, tetapi bisa menimbulkan komplikasi serius khususnya pada anak-anak, wanita hamil, orang yang sudah lanjut usia dan orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh yang tidak bagus seperti penderita HIV / AIDS, kanker, dan diabetes.

Walaupun secara alami telur dapat menghalangi berbagai macam bakteri masuk kedalamnya dikarnakan membran kulit telur mengandung lysozyme yang fungsinya untuk mencegah infeksi bakteri. Tetapi kalau kulit telur engalami keretakan atau lubang sekecil apapun maka bakteri bisa masuk kedalam telur. Isi telur pernah dianggap hampir steril, namun ternyata bakteri salmonella enteridits bisa berada didalam telur.

Di Amerika Serikat, para ilmuwan memperkirakan secara rata-rata diseluruh AS terdapat kemungkinan 1 telur dari setiap 20.000 telur mengandung bakteri salmonella.

Untuk menghindari penyekit tersebut seharusnya kita menyimpan telur pada suhu yang dingin atau 5(drajat) kebawah/didalam kulkas, masaklah telur hingga benar-benar matang, selalu menjaga kebersihan telur, tangan dan peralatan yang digunakan untuk mengolah telur dan membuang telur yang kulitnya sudah retak apalagi pecah.

  
Share this article :

Post a Comment

Cara berkomentar:

Pada kotak Comment as pilih Name/URL

Name: Isi dengan nama kamu
URL: Jika kamu punya blog atau website, tuliskan alamatnya disini. kalau tidak punya maka kosongkan saja.

Klik Lanjutkan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RITJ'S BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger