10 Manfaat Dahsyat dari Teh Hijau

Thursday, November 15, 20123komentar

mornig green teaphoto © 2006 Kanko | more info (via: Wylio)

Teh hijau sangat bermanfaat sekali bagi tubuh kita. Disini saya akan memberitahu 10 manfaat dulu dari teh hijau yang dikutip dari majalah kesehatan.com.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker kolorektal.

Orang yang secara teratur minum teh hijau secara signifikan dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung atau kanker kolorektal. Menurut penelitian di Jepang, mengkonsumsi 7 cangkir teh hijau setiap hari diperlukan untuk mencapai keuntungan jangka panjang ini. Studi Jepang tersebut mengevaluasi 12.251 orang dewasa berusia 65 hingga 84 tahun. Para peneliti menemukan bahwa dibandingkan orang yang minum kurang dari secangkir teh hijau per hari, orang-orang yang minum minimal 7 cangkir per hari menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 75%. Para peneliti juga menemukan bahwa risiko kanker kolorektal 31% lebih rendah pada mereka yang meminum 7 cangkir teh hijau sehari dibandingkan mereka yang minum kurang dari 3 cangkir teh hijau sehari
Manfaat teh hijau pada penyakit jantung dan kanker kolorektal terutama disebabkan oleh kadar polifenol teh hijau yang tinggi (30 – 40%) dibandingkan hanya 3-10% pada teh hitam.

2. Membantu melawan kanker esofagus dan kanker kandung kemih

Sebuah studi tahun 1994 yang diterbitkan dalam jurnal resmi Institut Kanker Nasional AS telah menunjukkan bahwa meminum teh hijau mengurangi risiko terserang kanker sebesar 60%. Sebuah studi pada Agustus 2009 menyimpulkan bahwa teh hijau mungkin berguna melawan kanker kandung kemih.

3. Mengurangi kolesterol dan tekanan darah

Studi Jepang juga melaporkan bahwa theanine dari teh hijau mengurangi hipertensi, tetapi tidak berpengaruh pada tekanan darah normal. Para peneliti Jepang itu menemukan bahwa theanine menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kolesterol baik dan mencegahnya menjadi kolesterol jahat karena oksidasi.

4. Mengurangi depresi dan stres

Teh hijau mengandung sejumlah kecil kafein alami yang merangsang. Theanine menyeimbangkan efek stimulasi kafein pada sistem saraf. Theanine menciptakan rasa relaksasi dalam 30 – 40 menit setelah konsumsi melalui dua cara. Pertama, merangsang  aktivitas listrik otak untuk menghasilkan gelombang alfa di otak. Hal ini menciptakan relaksasi dan kewaspadaan mental serupa dengan yang dicapai melalui meditasi. Kemudian theanine memengaruhi kimiawi otak untuk meningkatkan neurotransmiter, dopamine dan serotonin. Komponen-komponen kimiawi penting otak menghasilkan perasaan sejahtera dan rileks.

5. Meningkatkan konsentrasi belajar

Theanine yang terkandung dalam teh hijau meningkatkan kemampuan belajar, mengingat dan berkonsentrasi. Itulah alasannya mengapa secara historis para biarawan dan cendekiawan meminum teh untuk membantu dalam meditasi dan belajar. Sebuah studi tahun 2007 menemukan bahwa teh hijau bekerja sinergis dengan kafein untuk menstimulasi aktivitas sel di otak. Para peneliti menemukan bahwa 100 miligram theanine (dari 4 cangkir teh) sudah cukup membuat Anda lebih fokus pada tugas-tugas rumit.

6. Meningkatkan kualitas hidup penderita kanker

Sebuah studi Jepang yang dipublikasikan pada tahun 2002 menemukan bahwa theanine dari teh hijau dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien kanker dengan mengoptimalkan efektivitas obat anti-kanker, dan membuat rileks. Studi ini menemukan bahwa theanine meningkatkan konsentrasi obat anti-kanker di tumor sekaligus mengurangi kadar obat ini pada jaringan normal. Efek menguntungkan theanine ini meningkatkan efektivitas pengobatan serta mengurangi efek samping. Theanine juga menghambat pertumbuhan tumor kanker. Survei yang dilakukan di Jepang, di mana teh hijau sangat populer, telah menemukan bahwa minum teh hijau telah mengurangi kejadian kanker hati, pankreas, payudara, prostat, paru-paru, tenggorokan dan perut.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School menunjukkan bahwa theanine pada teh hijau meningkatkan kekebalan tubuh terhadap pilek dan flu, dan dapat meningkatkan respon kekebalan yang kuat.

8. Membantu menurunkan berat badan

Menurut sebuah studi Jepang pada tahun 2004, theanine berperan membantu efek ini. Dalam studi yang dilakukan pada hewan, pemberian theanine meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan, lemak tubuh dan trigliserida (lemak darah).

9. Menguatkan tulang

Para peneliti Hong Kong telah menemukan bukti bahwa teh hijau mungkin bermanfaat pada tulang. Percobaan laboratorium mereka menemukan bahwa salah satu komponen utama teh hijau (epigallocatechin, EGC) merangsang enzim kunci yang mendorong pertumbuhan tulang. Epigallocatechin juga meningkatkan mineralisasi tulang dalam sel, yang menguatkan tulang dan mengurangi aktivitas sel osteoklas yang melemahkan tulang.

10. Mengurangi resiko kanker usus pada wanita

Sebuah studi oleh Pusat Kanker Nasional Jepang menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya 5 cangkir teh hijau sehari berisiko 20% lebih rendah untuk mengembangkan kanker usus. Para peneliti mengatakan bahwa komponen teh hijau berjuang melawan bakteri yang terkait dengan kanker usus. Sebaliknya, pria tampaknya tidak mendapatkan manfaat anti-kanker usus dari teh hijau.
Selain manfaat kesehatan yang tercantum di atas, penelitian lain telah menunjukkan bahwa teh hijau bermanfaat untuk diabetes, stres, gigi berlubang,  rematik, perlindungan terhadap radiasi UV, dan infeksi virus.

Nah, sekarang sudah pada tahukan manfaat dari teh hijau?

Bagi yang ingin mencoba Teh Hijau bisa langsung hubungi saya karena kebetulan saya menjual Teh Hijau.  

Teh Hijau yang saya jual adalah teh hijau kualitas 1 (EKSPOR). Dan diolah dengan proses modernisasi yang sangat baik.

Untuk keterangan lebih lanjut dan pembelian bisa langsung hubungi:

Contact: 085793308687

Share this article :

+ komentar + 3 komentar

November 15, 2012 at 5:17 PM

teh hijau,
kalau teh celup biasa. sama ngga yak manfaat nya.?

November 15, 2012 at 7:53 PM

ini yang aku cari selama ini..manfaat teh hijau

November 17, 2012 at 6:14 AM

@yukinote: beda gan... teh hijau lebih banyak manfaatnya dibanding black tea. apalagi yang di celup.. :D

@santi: jangan cari manfaatnya aja dong.. teh hijaunya jg dicari gak?? ane ada gan.. mau gak? hehe

Post a Comment

Cara berkomentar:

Pada kotak Comment as pilih Name/URL

Name: Isi dengan nama kamu
URL: Jika kamu punya blog atau website, tuliskan alamatnya disini. kalau tidak punya maka kosongkan saja.

Klik Lanjutkan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RITJ'S BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger